Thursday, June 2, 2011

RoboT Pengintai AS

London - Dua robot mata-mata ini dilahirkan untuk membantu tugas para tentara di medan perang. Memiliki wujud seperti alat untuk olahraga, salah satu robot, yakni robot yang beroda, difungsikan untuk memata-matai musuh dengan cara melemparkannya.

Robot yang berbobot 500g ini dibekali dengan sejumlah perangkat lain seperti kamera dan sensor. Terbuat dari titanium, robot tersebut bisa dilempar oleh tentara ke dalam tempat-tempat di mana musuh bersarang untuk melihat aktivitas mereka.

Robot ini dioperasikan dengan joystick dan juga piranti layar sentuh (hand-held screen). Piranti layar sentuh yang digenggam ini memungkinkan sang operator untuk melihat kelemahan dalam formasi musuh secara real-time atau langsung tanpa membahayakan dirinya.

Sementara itu, robot yang lain berupa helikopter mini yang digerakkan dengan remote control. Dilengkapi dengan 4 kamera berbobot ringan, robot ini mampu berputar-putar di atas posisi musuh.

Robot ini tentunya lebih mumpuni karena memungkinkan pemilik robot melihat aktivitas musuh dengan sudut pandang yang luas melalui foto yang dikirimkan ke monitor atau piranti khusus.

Kedua robot mata-mata itu telah melalui uji coba yang ekstensif dan didemonstrasikan di Defence and Equipment Support, Abbey Wood, London. Dilansir detikINET dari DailyMail, Senin (19/10/2009), robot tersebut bisa digunakan oleh tentara di Afghanistan untuk memata-matai Taliban.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews