Thursday, August 4, 2011

PhoneGap Mudahkan Bikin Aplikasi ke Banyak Smartphone


Screenshot PhoneGap.com


Jakarta - Sebuah piranti bernama PhoneGap memudahkan pengembang aplikasi mobile. Lewat PhoneGap, developer bisa langsung membuat aplikasi iPhone, Android, BlackBerry, Symbian hingga Windows Phone 7.

Piranti lunak dari Nitobi itu memungkinkan pengguna untuk membuat satu aplikasi yang langsung bisa dihadirkan untuk berbagai platform ponsel populer saat ini.

Termasuk dalam daftar platform yang dijangkau adalah iOS (untuk iPhone, iPad dll), BlackBerry OS, Android, WebOS, Bada, Symbian dan Windows Phone 7.

Seperti dikutip detikINET dari TheNextWeb, Rabu (3/8/2011), hal itu dimungkinkan untuk pengembang yang memanfaatkan HTML 5, CSS dan JavaScript dalam membuat aplikasinya.

PhoneGap sebenarnya sudah hadir sejak 2010 lalu. Namun versi 1.0 yang hadir di penghujung Juli 2011 merupakan versi yang jauh lebih stabil dan lebih mudah digunakan.

Salah satu perbaikannya, PhoneGap kini mendukung akses pada native API di platform yang didukungnya. Ini termasuk untuk kemampuan akses input seperti touch screen atau kamera dan kemampuan akses file, media penyimpanan maupun daftar kontak di buku alamat.

PhoneGap bisa diunduh cuma-cuma di situs PhoneGap.com. Saat ini aplikasi itu konon sudah diunduh lebih dari 40.000 kali.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews