Thursday, March 22, 2012

Microsoft memamerkan browser terbarunya,browser Internet Explorer 10

Rencananya browser ini tersedia pada sistem operasi Windows 8 dengan dukungan Metro style. Pengembang browser lain seperti Mozilla dan Google juga telah mengembangkan browser yang mendukung Metro style di Windows 8. Browser dengan interface Metro lebih ramah terhadap input touch screen.

Saat ini desain browser dipimpin oleh Google Chrome yang sederhana dan mengutamakan tampilan dari konten web. Pada desain Metro Windows 8, Microsoft menghilangkan window sehingga memungkinkan untuk menampilkan web secara fullscreen. Pada tampilan Metro Internet Explorer 10, tampilan akan fokus pada konten web, sehingga antarmuka lain seperti address bar, menu bar dan lainnya akan hilang, hanya menyisakan tampilan web saja.

Tampilan antar muka lain bisa diakses melalui klik kanan mouse atau dengan sapuan touch screen. Versi Metro dari browser Internet Explorer terlihat nyaman menggunakan sentuhan maupun klik mousa, karena Metro style memang dioptimasikan untuk touch screen. Semua tampilan browser bergaya Metro memiliki kesamaan yaitu fokus pada konten web dah menghilangkan window, sama seperti Firefox dan Chrome yang sedang dikembangkan, hal ini akan sulit membedakan mereka dari tampilan luar.

Internet Exporer 10 membawa fitur protected mode yang telah disempurnakan. Protected mode adalah teknik sandboxing milik Microsoft yang pertama kali diperkenalkan pada Internet Explorer 7. Perlindungan Sandbox ini memiliki cara kerja dengan memberi hak akses terbatas untuk eksekusi javascript dan menghilankan hak untuk menulis ke sistem file, hal ini mencegah penyerang meng-install malware ke hardisk.

Modus Protected pada Internet Explorer 10 ini telah ditingkatkan, selain menghilangkan hak akses menulis ke file sistem, kini hak akses untuk membaca file sistem juga dihilangkan. Seperti yang dikutip dari ArsTechnica, pada Internet Explorer 10, modus protected sejak awal di nonaktifkan, namun tersedia pilihan untuk mengaktifkannya.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews