Saturday, October 20, 2012

Stadion Rahasia Qatar: Stadion Imajinatif yang Nantinya Akan Digunakan Untuk Piala Dunia 2022

1. Lusail Iconic Stadium
Kapasitas: 86.250 tempat duduk
Lusail Iconic Stadium
Inilah bentuk baru dari Lusail Iconic Stadium. Stadion ini merupakan yang termegah dan memiliki kapasitas penonton paling besar. Berlokasi di Lusail City, bentuk stadion ini terinspirasi dari layar perahu tradisional Qatar, Dhow.


Lusail Iconic Stadium akan dikelilingi oleh air. Setelah Piala Dunia usai, stadion utama Qatar ini akan dijadikan venue untuk menggelar berbagi kegiatan olahraga dan budaya.


2. Doha Port Stadium
Kapasitas: 44.950 tempat duduk
Doha Port Stadium
Stadion modular dengan kapasitas nyaris mencapai 50 ribu tempat duduk. Doha Port Stadium nantinya akan terletak di semenanjung buatan. Desain ini dimaksud untuk mengenang kembali budaya maritim Qatar. lapisan terluar stadion ini juga akan dialiri dengan air laut.
 
Para suporter nantinya akan punya pilihan untuk datang ke stadion menggunakan sarana transportasi darat dan laut. Setelah Piala Dunia usai, seluruh Stadion akan dipereteli. Kursi stadion ini kemudian akan disumbangkan dan dikirim ke negara berkembang.


3. Sports City Stadium
Kapasitas: 47.560 tempat duduk
Sports City Stadium
Desain Sports City Stadium terinspirasi dari bentuk tenda tradisional Arab. Stadion ini dilengkapi dengan atap yang bisa dibuka dan ditutup.

Tak hanya itu, stadion ini dibuat sebagai venue multifungsi. Karena itu, Sports CIty Stadium juga akan dilengkapi dengan lapangan dan tribun yang bisa dibongkar-pasang.

Inovasi dalam pembuatan stadion ini tak hanya membuatnya ideal untuk menggelar perandingan sepakbola, tetapi juga cocok untuk konser musik, pertunjukan tetaer dan nyaris semua ajang olahraga atletik.


4. Education City Stadium
Kapasitas: 45.350 tempat duduk
Education City Stadium
Education City Stadium meniru bentuk permata yang bergerigi, gemerlap ketika siang dan berpendar di malam hari. Stadion ini terletak di antara beberapa kampus di Education City.

Stadion ini dapat diakses dengan cepat baik dari Qatar maupun dari negara tetangga mereka, Bahrain. hanya diperlukan waktu 51 menit dengan kereta cepat dari bahrain untuk tiba di stadion ini.

Setelah Piala Dunia usai, kapasitas Education City Stadium akan dikurangi menjadi 25 ribu tempat duduk saja. Jumlah kursi yang lain akan disumbangkan ke negara lain.


5. Umm Salal Stadium
Kapasitas: 45.120 tempat duduk
Umm Salal Stadium
Umm Salal Stadium terletak di dekat salah satu benteng paling bersejarah di Qatar. Karena itu, tak heran jika bentuk satdion ini adalah interpretasi modern dari benteng tradisional Arab.

Stadion ini adalah markas dari Umm Salal FC. Setelah Piala Dunia selesai, kapasitas Umm Salal Stadium akan dikurangi menjadi 25.500 tempat duduk saja, kursi sisanya kembali disumbangkan ke negara lain.


6. Qatar University Stadium
Kapasitas: 43.520 tempat duduk
Qatar University Stadium
Qatar University Stadium dibangun di atas satdion lama milik Qatar University. Penampakan luar berwarna emas stadion ini adalah kombinasi antara pola tradisional Arab dengan pola modern.

Pola itu untuk menunjukkan bahwa Qatar adalah masih memegang budaya lama meski telah menjadi negara modern.

Setelah Piala Dunia usai, kapasitas stadion ini akan dikurangi menjadi 23.500 tempat duduk saja, kursi sisanya akan disumbangkan juga. Setelah itu stadion ini akan digunakan oleh atlet pelajar Qatar.


7. Al Gharafa Stadium
Kapasitas: 44.740 tempat duduk
Al Gharafa Stadium
Kapasitas Stadion Al Gharafa yang saat ini adalah 21.175 akan ditingkatkan menjadi 44.740. Cara ini dilakukan dengan menambahkan elemen modular di atas stadion yang sudah ada.

Sisi luar stadion akan dihias dengan pita yang melambangkan sepakbolasebagai sarana persahabatan, toleransi dan respek. kapasitas stadion akan diturunkan menjadi seperti sebelumnya setelah turnamen selesai.

Seperti yang lain, kursi yang tak lagi terpakai akan disumbangkan ke negara lain.


8. Al Khor Stadium
Kapasitas: 45.330 tempat duduk
Al Khor Stadium
Al Khor Stadium sengaja dibangun untuk ajang Piala Dunia 2022. Desain stadion ini meniru keindahan kerang laut dengan atap fleksibel.

Kapasitas permanen stadion ini adalah 25.500 tempat duduk dengan tribun atas tambahan yang berkapasitas 19.830 kursi. Selain sepakbola, mata para penonton juga akan dimanjakan oleh pemandangan Teluk Arab.

Stadion ini berlokasi di zona rekreasi dan olahraga Qatar.


9. Al Rayyan Stadium
Kapasitas: 44.740 tempat duduk
Al Rayyan Stadium
Saat ini Al rayyan Stadium hanya berkapasitas 21.282 tempat duduk. Pada Piala DUnia nanti, stadion ini akan memiliki 44.740 kursi dengan cara menambah elemen modular.

Stadion ini didesain dengan menggunakan 'media membran' khusus. Fungsi dari membran itu adalah untuk menjadi layar penyampai berita, update dan video pertandingan yang sedang berlangsung.

Kapasitas stadion akan dikembalikan seperti semula setelah turnamen usai. Tidak usah ditanyakan lagi ke mana kursi lainnya akan pergi.


10. Al Wakrah Stadium
Kapasitas: 45.120
Al Wakrah Stadium
Al Wakrah adalah salah satu kota tertua di Qatar. Kota ini dikenal karena sejarah panjang perikanan komersial dan budidaya kerang mutiara.

Al Wakrah stadium terinspirasi dari laut yang telah menjadi bagian penting kota ini. Setelah Piala Dunia usai, kapasitas stadion ini diturunkan menjadi 25.500 kursi saja.


11. Al Shamal Stadium
Kapasitas: 45.120
Al Shamal Stadium
Al Shamal Stadium terdiri dari dua tingat. Tingkat bawah diisi tribun permanen dengan kapasitas 25.500 tempat duduk. Tingkat atas semi permanen berkapasitas 19.620.

Stadion ini mengambil bentuk ekstrem perahu nelayan yang biasa digunakan di Teluk Arab. Para suporter nantinya bisa mengakses stadion ini lewat empat sarana transportasi berbeda: Doha Expressway, taksi air, Bahrain-Qatar Friendship Bridge, dan metrotrail baru Qatar.


12. Khalifa International Stadium
Kapasitas: 68.030Khalifa International Stadium
Stadion ini sudah pernah didesain ulang saat Qatar menjadi tuan rumah Asian Games 2006. Saat ini Khalifa International Stadium memiliki kapasitas sebesar 50 ribu tempat duduk.

Untuk menggelar Piala Dunia, kapasitas Stadion ini akan dinaikkan lagi.

Khalifa International Stadium merupakan pusat Aspire Zone, kompleks olahraga Qatar. Kompleks itu memiliki beberapa bagian termasuk akademi olahraga, rumah sakit olahraga dan banyak venue olahraga lainnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews