Wednesday, December 5, 2012

Tahun 2013 Anggaran Dephan AS, Rp 6.000 Triliun

Tahun Depan Anggaran Dephan AS, Rp 6.000 Triliun
Kompleks Pentagon, AS.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Di tengah kebuntuan terkait pengurangan utang yang berpotensi memangkas anggaran militer AS tahun depan, senat menyepakati anggaran pertahanan AS tahun 2013 sebesar 631 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 6.000 triliun.


Angka ini harus disesuaikan dengan anggaran yang sudah disepakati awal tahun ini di parlemen sebelum disampaikan kepada Presiden Barack Obama untuk disetujui, meski Gedung Putih mengancam akan melakukan veto.

Kedua versi anggaran pertahanan ini memiliki perbedaan. Namun, baik Ketua Komite Angkatan Bersenjata Senat Carl Levin dan politisi Partai Republik John McCain optimistis kompromi bisa dicapai.

Pemerintahan Obama sangat keberatan dengan bagian yang melarang penggunaan anggaran untuk memindahkan tahanan di Pangkalan AL Teluk Guantanamo, Kuba ke negara lain. Hal lain yang juga masih diperdebatkan adalah mengurangi jumlah pekerja sipil dan kontrak.

"Jika anggaran ini dikirimkan ke presiden untuk persetujuan tanpa perubahan apapun, maka penasihan senior presiden akan merekomendasikan agar presiden memveto anggaran itu," demikian Departemen Manajemen dan Anggaran pekan lalu.

Obama sebenarnya mengharapkan besaran anggaran militer hanya 614 miliar dollar AS dimana 89 miliar dollar AS atau sekitar Rp 853 triliun di antaranya digunakan untuk membiayai perang di Afganistan. Namun, senat justru menambah pagu anggaran itu sebesar 17 miliar dollar.

Selain untuk membiayai militer AS yang bertugas di luar negeri, anggaran sebesar ini juga mencakup peningkatan gaji personil militer AS sebesar 1,7 persen, memperkuat program anti-pelecehan seksual Pentagon, dan meningkatkan pelayanan bagi prajurit yang terluka dalam tugas.

Anggaran ini juga digunakan untuk membiayai pengiriman tambahan pasukan AS untuk melindungi kedubes dan misi diplomatik negara itu di luar negeri. Ini adalah reaksi AS atas serangan ke Konsulan AS di Benghazi pada 11 September lalu.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews