Wednesday, August 3, 2011

9 Kiat Aman Merintis Kencan Online


Ilustrasi (Ist.)


Jakarta - Internet kini sudah lebih dari sekadar penyedia informasi. Lewat kemajuan teknologi yang dihasilkan, internet juga cukup mumpuni sebagai media untuk mencari pujaan hati.

Namun pengguna juga harus hati-hati. Simak 9 kiat aman untuk merintis kencan online yang dikutip detikINET dari Internet Safety, Selasa (2/8/2011):

1. Situs Kencan
Jika ingin menggunakan layanan situs kencan, pastikan bahwa situs tersebut memiliki reputasi yang baik. Langkah aman yang perlu dipastikan adalah, jangan biarkan data pribadi Anda yang seharusnya rahasia diumbar oleh situs tersebut.

Luangkan sedikit waktu untuk membaca privacy statement di situs tersebut dan tak ada salahnya juga untuk membandingkan beberapa situs kencan.

2. Jangan Memancing
Pastikan untuk menggunakan nama profil, deskripsi data diri, serta foto yang benar-benar mendeskripsikan diri Anda. Jangan memakai akun yang provokatif yang cuma bertujuan untuk memancing minat dari lawan jenis.

3. Batasi Ungkap Jati Diri
Ada baiknya untuk tidak menggunakan nama lengkap Anda di akun situs kencan. Hal ini berlaku pula untuk nomor telepon dan alamat tempat tinggal, jangan diumbar.

4. Realistis
Baca profil dari lawan jenis yang membuat Anda tertarik dengan hati-hati. Jika sudah mulai merintis interaksi, ajukan pertanyaan sederhana terlebih dahulu. Percayalah pada insting Anda.

Jika lawan bicara terlalu agresif dan selalu ingin masuk ke kehidupan pribadi Anda, lebih baik menghindar. Amati tanda-tanda kurang baik dari dirinya, seperti tempramental, posesif, dan bukan pendengar yang baik.

5. Kopi Darat
Jika dalam berinteraksi di dunia Anda sudah merasa yakin dengan sang gebetan, tak ada salahnya untuk berlanjut ke dunia nyata. Namun ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan:
-. Pilih lokasi pertemuan di tempat umum yang ramai, seperti di kafe, restoran di mal, dan tempat publik lainnya. Hindari untuk melakukan kopi darat di rumah Anda, terlebih di rumah dirinya.
-. Tak perlu diantar jemput dan beritahukan rencana Anda ke teman. Jika perlu, mintalah ditemani sahabat dekat.

6. Tinggalkan Saja
Jika sang gebetan online sudah dirasa menjengkelkan dan berniat tidak baik, Anda bisa saja langsung meninggalkannya. Tak perlu dibuat ribet seperti hubungan di dunia nyata. Beberapa situs kencan bahkan sudah melengkapi diri dengan fitur untuk memblokir seseorang.

7. Don't be a fool in love
Jatuh cinta memang berjuta rasanya, terlebih jika sudah menganggap si dia sebagai orang yang tepat. Namun jangan sampai perasaan itu membuai Anda hingga lupa diri. Tetap pijakan kaki di tanah alias waspada. Segala kemungkinan bisa saja terjadi, apalagi di dunia maya.

8. Laporkan Sang Predator
Situs kencan yang baik seharusnya memiliki quality control terhadap situsnya. Seperti menyediakan akses untuk melaporkan abuse dari para predator internet atau orang iseng.

9. Transfer Uang
Jika si gebetan sudah mulai minta transfer uang sebaiknya Anda harus sangat waspada. Sebab, banyak kejadian penipuan dengan embel-embel kencan online yang ujung-ujungnya cuma dijadikan sarana untuk melakukan aksi tipu-tipu. Tak cuma di situs kencan, di jejaring sosial macam Facebook pun sudah mewabah.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews