Wednesday, August 3, 2011

Awal Puasa, Trafik SMS XL Melonjak


Ilustrasi (Ist.)


Jakarta - Operator telekomunikasi XL Axiata mencatat sejumlah kenaikan penggunaan jaringan di awal puasa 1 Ramadan yang jatuh pada 1 Agustus 2011 lalu. Lonjakan paling signifikan terjadi di layanan pesan singkat (SMS).

Menurut Head of Corporate Communication XL Axiata Febriati Nadira, tanda-tanda kenaikan sejatinya sudah terdeteksi pada H-1 sebelum puasa. Dimana lonjakan trafik terjadi sampai 21% untuk SMS, 9% untuk layanan data, dan 6% untuk voice.

Hingga pada akhirnya, lonjakan yang lebih tinggi terjadi pada hari H (1 Agustus) kemarin. Saat itu, jaringan XL melayani 790 juta SMS, atau naik 25% dibandingkan trafik di hari biasa yang mencapai 630 juta SMS.

Sementara trafik percakapan (voice) menyentuh angka 575 juta menit (naik 8,5%) sedangkan layanan data mencapai 36,5 terabyte atau naik 11% dibandingkan hari biasa. Demikian kata Ira dalam keterangannya, Selasa (2/8/2011).

Untuk mudik lebaran tahun ini XL diperkirakan akan mengalami lonjakan antara 30 hingga 35 persen. Ini berkaca pada pengalaman tahun lalu, dimana rata-rata voice mencapai 550 juta menit, 5.000 SMS per menit atau 400 jutaan per hari, sedangkan data mencapai 8 terabyte.

Pihak XL juga sudah melakukan antisipasi dengan menambah 100 BTS baru dan menyiapkan 18 mobile BTS di sepanjang jalur Jawa Tengah dan Jawa Timur. Apalagi diperkirakan kepadatan trafik jaringan akan terjadi di beberapa titik, khususnya daerah-daerah perbatasan.

XL juga mengklaim presentase drop call 1,7 persen namun akan ditekan kembali menjadi 1,5 persen. Ini masih jauh dari ambang batas yang ditargetkan BRTI sebesar 5 persen.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews