Tuesday, August 2, 2011

Jangan Coret Nokia!

Nokia N9 (nokia)




Jakarta - Boleh saja Nokia dinilai masih keteteran, terutama di pasar smartphone dimana mereka disalip Apple dan Samsung. Namun dominasi mereka sebagai vendor ponsel nomor satu dunia diprediksi masih akan bertahan dalam waktu cukup lama. Jadi, jangan dulu coret Nokia!

Menurut beberapa analis, posisi vendor ponsel asal Finlandia ini bersama Samsung diperkirakan masih akan dominan dan sulit digeser. Pergeseran mungkin hanya akan terjadi di antara keduanya.

Di kuartal pertama 2011, posisi lima besar manufaktur ponsel secara global dipegang berturut-turut oleh Nokia, Samsung, LG Electronics, Apple dan Research in Motion (RIM). Rangking tersebut menurut data dari Gartner dan Frost & Sullivan.

Dikutip detikINET dari ZDnet, Senin (1/8/2011), khusus wilayah Asia Pasifik, posisi tersebut agak berbeda. Menurut data IDC, ranking vendor handset di area ini berturut-turut adalah Nokia, Samsung, ZTE, LG dan di posisi lima ada Huawei.

Menurut Melissa Chau, Research Manager IDC Asia Pasific, Nokia dan Samsung tidak akan tergeser setidaknya dalam setahun ke depan, atau malah bertahun-tahun. Pendapat senada disampaikan Anshul Gupta, analis dari Gartner. Menurutnya, Nokia dan Samsung akan terus mendominasi karena market share mereka jauh di atas kompetitor

Nah, pertarungan seru baru akan terjadi di ranking 3 ke bawah. Jika Apple misalnya mengeluarkan ponsel iPhone murah, boleh jadi mereka akan menjungkalkan LG Electronics.

Vendor ponsel yang masih di luar 5 besar seperti HTC atau Motorola juga punya kemungkinan menyeruduk. Meski HTC masih hanya bermain di pasar smartphone, lini produk mereka yang kuat dan diminati bisa jadi kartu As untuk menaikkan posisinya.

Berikut posisi lima besar vendor ponsel di kuartal 1 2011 menurut ABI Research:

Nokia: 32,7%
Samsung: 21,3%
LG: 8,1%
Apple: 4,3%
RIM: 3,8%

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews