Monday, August 8, 2011

'Indonesia Bermain' Sebarkan Virus Ngegame



Indonesia Bermain (ist)


Jakarta - Roadshow atau roadplay yang digelar oleh Indonesia Bermain, telah usai. Lebih dari 600 orang di enam kota antusias mengikuti kegiatan edukasi tentang nilai positif games yang dikemas dalam bentuk talkshow.

Mengangkat tema 'Berbagi Semangat Positive Gaming', RoadPlay Indonesia Bermain coba kembali mengingatkan seluruh kalangan tentang berbagai potensi besar dari aktivitas bermain.

"Di Indonesia, games masih dicap sebagai kegiatan yang sia-sia dan hanya buang waktu saja. Padahal banyak nilai positif yang bisa kita dapatkan dari bermain," ujar Eko Nugroho, inisiator Indonesia Bermain saat berbincang dengan detikINET, Minggu (7/8/2011).

Road Play sendiri dimulai dari Semarang, Solo, Jogjakarta, Surabaya, Bandung dan berakhir di Jakarta. Dituturkan oleh Eko, dalam kegiatan ini pihaknya didukung oleh berbagai komunitas kreatif di berbagai kota tersebut.

"Road Play Indonesia Bermain tidak sekedar berbagi info tentang event Indonesia Bermain yang rencananya akan digelar pada 22-23 Oktober 2011, tetapi juga berbagi segala potensi besar dari aktivitas bermain dan industri game secara keseluruhan," tutur pria yang juga Lead Board Game Designer di Kummara, sebuah komunitas board game asal Bandung.

Di setiap kota, RoadPlay selalu dihadiri oleh ratusan peserta. Sesi sharing dalam RoadPlay juga menghadirkan pembicara-pembicara lokal dengan beragam latar belakang tetapi dengan semangat yang sama.

"Di Semarang misalnya, di kota pertama ini Ari Maulana Syarif, dosen Universitas Dian Nuswantoro berbagi ide mengenai format pembelajaran berbasis game. Di Solo Agus Siswanto, seorang seniman menunjukkan berbagai aktivitas dan karya seninya dilandasi dengan aktivitas bermain," katanya.

Di Jogja, RoadPlay menghadirkan Marsudi, Creative Director PT Aseli Dagadu Djokdja. Dalam sesi sharingnya dia mengungkapkan kunci dari segala pencapaian Dagadu. Salah satunya adalah keleluasaan bagi seluruh staf untuk selalu bermain dan berkreasi dengan berbagai tema yang ada.

Hal yang serupa juga terjadi di RoadPlay yang digelar di Kota Surabaya. Di kota pahlawan ini, ada dua pemateri lokal. Keduanya adalah Rudi Cahyono, Chief Creative Officer dari @IDcerita dan Imam Kuswardayan dari GameEdukasi.com. Mereka menyampaikan banyak hal terkait dunia game, mulai dari perkembangan game Indonesia, psikologi gamer, dan engine-engine yang tersedia untuk membuat game dan mereka percaya bahwa game harus selalu membuat pemainnya belajar.

RoadPlay di Bandung cukup unik. Tidak hanya menjadi ajang sharing, RoadPlay berubah menjadi ajang reuni besar pada gamers. Seratus gamers dan developer berkumpul dan berbagi antusiasme mereka untuk berbagi semangat positive gaming.

Jakarta kemudian menjadi kota penutup RoadPlay. Di ibu kota, RoadPlay hadir di Kampus Joseph Wibowo Center (JWC), BINUS University. Kali ini RoadPlay digelar dengan konsep talkshow dengan dengan mengangkat tema 'Levelling Up Industri Game di Indonesia'. Ada tiga pembicara di kegiatan pamungkas RoadPlay ini. Ketiganya adalah Narenda Wicaksono, Developer Marketing Manager Nokia Indonesia, Ivan Chen dari Anantarupa Studios, dan Eko Nugroho inisiator Indonesia Bermain.

"Semua berkeyakinan bahwa banyak potensi positif dari aktivitas bermain yang bisa dioptimalkan. Dalam kegiatan ini kita berbagi potensi besar industri game dan berbagai tips untuk mewujudkannya," katanya.

RoadPlay sendiri digelar sebagai pemanasan untuk acara Indonesia Bermain yang rencananya akan digelar pada 22-23 Oktober 2011 di Sabuga, Bandung. Indonesia Bermain diinisiasi oleh Agate Studio dan Kummara, dan didukung oleh Nokia Indonesia.

Acara yang ditargetkan diikuti oleh 10.000 orang ini akan berisi playground, exhibition, conference, creative performance, dan gaming and game idea competition.

"Silakan follow @IDbermain atau kunjungi www.indonesiabermain.com untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai Indonesia Bermain. Indonesia Bermain, when playing is good for your life!," tukas Eko.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews