Wednesday, September 14, 2011

Di Indonesia, Android Tumbuh Perlahan Tapi Pasti


Pertumbuhan pengguna smartphone dan tablet berbasis sistem operasi Google Android perlahan tapi pasti. Di Indonesia, jumlahnya diperkirakan telah lebih dari 200 ribu pengguna sejak peranti sistim terbuka ini dikomersilkan dua tahun lalu, 2009.

"Jika melihat data pengguna Android di Telkomsel terakhir yang mencapai 170 ribu dan XL yang lebih dari 50 ribu, saya yakin jumlahnya lebih dari 200 ribu. Itu belum dari operator lain," kata Agus Hamonangan, pendiri komunitas id-Android, di sela acara Google, di Bengkel Cafe, Jakarta, Selasa (13/9/2011).

Menurutnya, angka pasti dari jumlah pengguna Android di Indonesia hanya diketahui oleh Google. "Yang tahu pastinya cuma Google karena mereka bisa baca dari IP address dan nomor seri IMEI ponsel," ujarnya.

"Mereka tahu pengguna Android punya growth yang sangat tinggi. Itu sebabnya, Google ngotot ingin buka (representative office) di sini melihat besarnya potensi Indonesia," analisa Agus lebih lanjut.

Di Indonesia, paparnya, para pengguna Android kerap berinteraksi dengan sesama komunitas di mailing list id-Android (id-@ndroid@googlegroups.com) untuk membahas isu terbaru seputar sistem operasi itu beserta gadget terbarunya.

"Kami sekarang sudah memiliki 8.100 member. Dan 5 November 2011 nanti, kami akan menggelar gathering id-Android yang keempat. Milist ini umurnya lebih tua dua tahun jika melihat Android di Indonesia yang baru komersial tahun 2009," ujar Agus.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews