Wednesday, September 14, 2011

Shihui, Mesin Pencari Situs Diskon Google



Jakarta - Google boleh sukses di mana-mana, namun tidak di China. Itulah yang mendasari perusahaannya untuk melakukan upaya lain demi meraup pendapatan dari China, yaitu dengan merambah e-commerce.

Untuk menjajal kesuksesannya itu, Google merilis portal baru bernama Google Shihui. Ia adalah fitur pencarian untuk membantu orang menemukan kesepakatan (deal) melalui lusinan situs group buying atau yang menawarkan diskon.

Situs yang masih berformat beta ini bisa diakses melalui domain Google.cn. Google seperti diketahui pada tahun lalu mematikan mesin pencarinya di Google.cn dan menempatan link halamannya ke mesin pencari Hong Kong di Google.com.hk.

"Shihui sedang dalam masa perkembangan dan kami bekerja dengan para partner untuk melihat fitur apa yang bisa menaikkan trafik ke situs mereka dan fitur apa yang membantu user untuk mendapatkan penawaran terbaik," ujar juru bicara Google, Robin Moroney.

Dengan berdirinya situs Shihui, Google juga memungkinkan perusahannya untuk melangkah ke ranah ini tanpa harus membangun perusahaan group buying di China, demikian dikuti detikINET dari PCWorld, Rabu (14/9/2011).

Perusahaan yang memakai sitem pembelian secara kolektif untuk mendapatkan diskon (group buying) milik Amerika, Groupun sebelumnya juga menjajal peruntungannya di China namun ternyata ia kalah saing dan akhirnya memecat ratusan karyawannya.

Google pun juga melempem di China, apalagi jika berhadapan dengan ketatnya peraturan dan penyensoran internet di China.

"Ini adalah area bisnis yang netral dan aman di mana Google bisa berpartisipasi tanpa risiko yang terlalu besar. Google masih tertarik untuk mengembangkan bisnisnya di China," ujar Mark Natkin, Managing Director Marbridge Consulting.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews